Tajuk: Sejarah Falsafah Islam.
Penulis: Majid Fakhry.
Penerbit: Dewan Bahasa Dan Pustaka.
Sejarah Falsafah Islam menghidangkan nasil kajian sejarah falsafah dan teologi Islam sejak abad ke-17 hingga sekarang. Pengarang mengimbas soal legalisme, rasionalisme dan mistik pemikiran Islam. Pengarang mendasarkan tulisannya pada sumber-sumber utama, terutama yang ditulis.dalam bahasa Arab, tetapi tidak melupakan juga untuk mengkaji sejumlah besar naskhah, buku dan monograf yang ditulis dalam bahasa Parsi, Inggeris, Perancis, Jarman dan Sepanyol.
Kandungan.
Kata Pengantar
Pendahuluan
Bah 1. Warisan Yunani, Iskatzdariah Dan Asia.
1. Suasana Timur Dekat Pada Abad Ketujuh.
2. Penerjemahan Naskah-Naskah Falsafah.
3. Unsur-Unsur Neo-Platonis: Teologi Aristotle Apoktrif Dan Liber De Causis.
4. Pengaruh Parsi Dan India.
Bah 2. Ketegangan-Ketegangan Politik Dan Keagamaan Pada Masa Awal.
1. Kelompok-Kelompok Religio-Politik.
2. Munculnya Skolastikisme Islam (Kalam)
Bab 3. Awal Penulisan Falsafah Sistematik Dan Abad Kesembilan.
1. Penulis Falsafah Pertama Yang Kreatif Dalam Islam: al-Kindi
2. Munculnya Naturalisme dan Tentangan Terhadap Dogma Islam: Ibnu al-Rawandi dan al-Razi.
Bab 4. Perkembangan Neo-Platonisme Islam Selaniuttzya.
1. Al-Farabi.
2. Ibnu Sina.
Bah 5. Neo-Pythagoreanisme Dan Usaha Mempopularkan Ilmu-Ilmu Falsafah
1. Falsafah: Kakitangan Politik.
2. Prasangka Matematika: Falsafah Ikhwan.
3. Kosmologi Dan Metafisik Ikhwan.
4. Psikologi Dan Epistemologi Ikhwan.
5. Kesimpulan.
Bab 6. Penyebaran Budaya Falsafah Pada Abad Kesepulieh.
1. Abu Hayyan al-Tauhidi.
2. Miskawayh.
3. Yahya bin ’Adi.
Bab 7. Saling Pengaruh Antara Falsafah Dan Dogma.
1. Kemunduran Rasionalisme Teologi.
2. Aliran Al-Asy’ariyah dan Formulasi Metafisika Kaum Rasionalis Tentang Atom Dan Aksiden.
3. Sangkalan Sistematik Terhadap Neo-Platonisme: al-Ghazali.
Bab 8. Timbul Dan Berkembangnya Mistikisme Islam (Sufisme)
1. Asal-usul Kehidupan Zuhud (Asketik)
2. Kecenderungan-Kecenderungan Panteistik: al-Bastami (al-Haithami), al-Hallaj, Dan Lain-Lain.
3. Sintesis Dan Sistematisasi: aI-Ghazali dan Ibnu ’Arabi.
Bab 9. Tenzpoh Arab Sepanyol Dan Kebangkilan Kembali Peripatetik.
1. Permulaan Spekulasi Falsafah di Sepanyol: Ibnu Masarrah. al-Majriti Dan lbnu Bajjah.
2. Ibnu Tufayl Dan Gerak Maju Fikiran Alamiah Ke Arah Kebenaran.
3. Ibnu Rusyd Dan Upaya Mempertahankan Aristotelianisme.
Bab 10. Perkembangan Sesudah Ibnu Sina: Iluminasi dan Reaksi Terhadap Peripatetikisme
1. Al-Suhrawardi
2. Perkembangan Iluminasionisme Selanjutnya: Shadr al-Din al-Syirazi (Mulla Shadra) dan Penerus-Penerusnya
Bab 11. Reaksi dan Rekonstruksi Teologi.
1. Literalisme Dan Neo-Hanbalisme: lbnu Hazm, Ibnu Taymiyah Dan Muhammad Bin Abdul Wahab.
2. Sikap Moderat Dan Kemunduran: Fakhruddin al-Razi, Najmudin al-Nashafi, Al-Iji, al-Jurjani Dan Al-Bajuri
3. Reaksi Dan Rekonstruksi: Ibnu Khaldun.
Bab 12. Kecederungan-Kecenderungan Moden dan Kontemporer
1. Munculnya Semangat Modernisme: Jamaludin al-Afghani Dan Muhammad Abduh.
2. Modernisme Di India: Sayyid Ahmad Khan, Ameer Ali, Dan Muhammad Iqbal.
3. Suasana Falsafah Kontemporer: Fundamentalisme, Modernisme Dan Eksistensialisme.
4. Perkembangan-Perkembangan Mutakhir Lainnya: Postivisme Dan Sosialisme.
Bibliografi.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan