JUALAN BUKU TERBARU SAYA

JUALAN BUKU TERBARU SAYA

Carian

Jumaat, 4 Mac 2011

Metode Pengajaran Hadith Pada Tiga Abad Pertama Hijriyah.


Tajuk: Metode Pengajaran Hadith Pada Tiga Abad Pertama Hijriyah.
Penulis: al Makki Aqlayanah.
Penerbit: Kalam Ilham.

Para ulama Islany sejak dahulu sampai kini sangat berhati-hati dalam menyampaikan firman Allah swt dan Sunnah Nabi (s.a.w.). Kehati-hatian tersebut diturunkan kepada generasi muda Islam sampai masa kini. Sebagai contoh, jika kita akan Membaca Al-Qur’an dianjurkan antara lain agar berwudhu’, menghadap kiblat, suci badan, pakaian, tempat, dst. Demikian pula dalam pengajaran Hadith Nabi Muhammad (s.a.w.) Sahabat Qatadah, apabila hendak membaca Hadith-hadith Nabi, beliau berwudhu’ dan tidak mengajarkan Hadith kecuali dalam keadaan suci. Demikian pula Imam Malik, tidak mau menulis Hadith kecuali dalam keadaan suci. Alangkah indahnya teladan tersebut dalam rangka memahami dan mendalami ayat-ayat Allah (s.w.t.) dan sabda Rasul (s.a.w.)

Kata Pengantar.

Mukaddimah.

Bab 1. HalaqKeilmuan Para Muhaddith.
a. Kemunculan dan Penyebaran Halaqah Keilmuan.

b. Tempat Menuntut Ilmu.

1. Rumah.

2. Masjid.

3. Tempat terbuka, pasar dan jalan.

4. Katibah.

c. Tahap-Tahap Pengajaran.

d. Anjuran Mencari Majelis Ta’lim.

e. Memilih Majelis Ta’lim.

f. Memohon Kesediaan Guru Sebelum Mengikuti Pengajaran Hadith.

g. Aneka Macam Majelis Ta’lim Menurut Para Muhaddith.

1. Majelis Tandits.

2. Majelis Imla.

Bab 2. Mudzakarah.
a. Keutamaan Mudzakarah.

b. Mudzakarah pada Masa Rasulullah (s.a.w).

1. Hifzh (Menghafal).

2 . Tafaqquh (Memahami).

c. Mudzakarah pada Masa Sahabat.

1. Menghafal dan mengulang-ulang.

2. Mendalami dan menyebarluaskan ilmu.

3. Membetulkan kesalahan.

d. Mudzakarah pada Masa Tabi’in dan Generasi Setelahnya.

1. Menghafal.

2. Mengetahui yang lebih hafal.

3. Mengetahui yang lebih tepat.

4. Mengetahui yang lebih Faqih.

5. Mengamati kadar keluasan ilmu Perawi.

6. Mengetahui kadar kebijaksanaan para Perawi.

7. Memecahkan persoalan.

8. Membetulkan kesalahan.

e. Kedudukan Mudzakarah.

Bab 3. Rihlah Untuk Mendapatkan Hadith.
a. Keutamaan Rihlah.

b. Tujuan Rihlah.

1. Rihlah pada masa Rasulullah (s.a.w)

a. Masuk Islam.

b. Mengenal Islam dari sumbernya.

c. Mengetahui hukumnya suatu peristiwa.

d. Mengirim utusan untuk mengajarkan agama.

2. Rihlah pada masa para Sahabat ra.

a. Mendengarkan Hadith.

b. Memantapkan Hadith.

c. Menyebarkan ilmu.

3. Rihlah pada masa Tabi’in dan generasi setelahnya.

a. Menuntut ilmu.

b. Kembali pada sumber.

c. Memantapkan hafalan Hadith.

d. Mendengarkan pembacaan Hadith dari penulisnya.

e. Menyebarkan ilmu.

f. Melanjutkan kegiatan belajar.

g. Mengumpulkan Hadith dan menulisnya dalam satu kitab.

h. Mengelompokkan Hadith shahih dalam satu kitab.

c. Anjuran Melalcukan Rihlah dan Nasihat Para Muhaddith.

d. Syarat-Syarat Rihlah.

e. Nilai-Nilai Rihlah.

Bab 4. Bimbingan Dan Pengajaran Menurut Para Muhaddith.
a. Bimbingan Ilahi Terhadap Rasulullah (s.a.w.).

b. Bimbingan Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah (s.a.w.) Terhadap Para Sahabat.

c. Bimbingan Pendidikan dan Pengajaran Para Sahabat dan Generasi Setelahnya kepada Muridnya.

d. Suri Teladan.

e. Nilai Bimbingan Pendidikan dan Pengajaran.

f. Akibat Enggan Menerima Pendapat Syekh.

1. Hilangnya salah satu unsur keteladanan.

2. Sempitnya medan keilmuan.

3. Salah akibat menukil dari buku.

Bab 5. Ciri Khas Pengajaran Para Muhaddith.
a. Umum.

b. Persamaan.

c. Tidak Memungut Bayaran.

d. Berkesinambungan.

e. Keterkaitan Ilmu dengan Amal.

Penutup.

Tiada ulasan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...